Rabu, 20 Desember 2017

,

LEARN ENGLISH

Tidak ada kata terlambat. Itulah kalimat yang menuntunku untuk tetap belajar. Belajar apapun nggak ada batasan umur. Kini aku sudah masuk masa kerja bukan lagi dimasa belajar tetapi tiba-tiba aku merasa perlu belajar bahasa inggris. Belajar bahasa inggris diwaktu sekolah telah aku sia-siakan yang akhirnya cuma tau yes no yes no doang. Walaupun begitu, sekarang aku dapat semangat baru untuk mempelajarinya. 

Aku belajar bahasa inggris bukan supaya terlihat keren. Aku belajar bahasa inggris supaya beberapa hal menjadi mudah. Kira-kira kemudahan apa yang  ku dapat dari bahasa inggris? Di jaman sekarang, apa coba yang nggak pakai bahasa inggris. Udah hampir disemua lini menggunakan bahasa inggris. Banyak produk impor yang masuk ke indonesia pakai bahasa inggris. Tutorial-tutorial di blog atau diyoutube udah banyak yang pakai bahasa inggris. Film-film yang bagus kayak hollywood menggunakan bahasa inggris (masa iya kita harus baca subtitle mulu*kan capek brohh*). Komputer dan barang elektronik lainnya juga pakai bahasa inggris. Pokoknya banyak banget yang menggunakan bahasa internasional satu ini. Masak iya aku mau diem begitu aja melihat itu semua. Yes.. I have to learn it.


Aku sebenernya benci sama bahasa inggris. Kenapa? Bahasanya munafik. Baca BOOK tapi yang diucapin BUK. Susunan kalimatnya juga kalo dibahasa indonesiakan terkadang tidak berurutan alias berantakan. Udah enggak paham lagi lah sama bahasa yang satu ini. Sampai aku pernah berpikir, kenapa dulu waktu aku dilahiri  bukan di negara yang berbahasa inggris sih. STOPPP MENGKHAYAL YON. Kau dikasih otak buat apa? OKEH aku kini tertantang untuk mempelajari bahasa inggris. Kau mau KURSUS bahasa inggris yon? Enggak. Tapi aku mau belajar otodidak. Belajar dari yang pinter. Siapa? Kan ada smartphone *telepon pinter*.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEilmxctLaayVnLv7ztPz3IfZSZEShBHs_eoqQWE4xJllO-DHSS2uBgN2Cb3dQUdnS_WeJBaURCgcnpoywAWkyImbvxAFTAv2tZXm6GkBKv9wsNOzBtU4JdAzU-26Rlx1lkFzHVW9Uh62KA/s2190/learn+english.png


Di smartphone ada yang namanya apliaksi google translate, text-to-speech dan OKE google. Tapi aku nggak pakai google translate karena terlalu berat dijaringan internet minim. Jadi aku ganti dengan aplikasi Kamusku dengan mode offline. Kan bahasa inggris baca sama pengucapannya beda ? Nah... Kebetulan dismartphone khususnya android ada yang namanya Text-to-Speed yang bisa membacakan tulisan bahasa inggris. Jadi tulisan bahasa inggris di apliaksi Kamusku ada tombol gambar loudspeaker yang kalo di klik akan otomatis membacakan tulisan yang kita ketik. Dari denger text-to-speech lah aku belajar mengetahui pengucapannya. Setelah itu, untuk mencoba pengucapan bahasa inggris aku udah bener atau enggak. Aku menggunakan OKE google jadi apa yang  ku ucapkan akan diubah menjadi teks. Kalo aku mengucapin BUK dan OKE google akan otomatis tertulis BOOK berartikan pengucapanku udah bener. Yah kira-kira begitulah caraku belajar bahasa inggris.


Walaupun aku tau cara belajar seperti ini masih banyak kekurangan. Tapi aku harus tetap belajar. Aku juga tau cara belajar seperti ini enggak semantap dan sebagus kursus bahasa inggris sama guru profesional. Tapi aku akan tunjukkan bagaimanapun cara yang yang akan ku tempuh bila dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil. Jadi buat kalian yang lagi belajar, belajar apapun itu yuk sungguh-sungguh untuk menguasainya karena i'm sure the procces doesn't cheated on the result.


Untuk saat ini aku belum buat artikel berbahasa inggris tetapi nanti akan aku coba *itung-itung nambah skill*. Dan buat temen-temen yang mungkin udah bisa bahasa inggris. Bagi ilmunya dong di kolom komentar. Waktu belajar bahasa inggris dulu gimana? Apa aja yang dibutuhkan? Mana tau referensi kalian bisa ngebantu temen-temen yang punya masalah belajar bahasa inggris sepertiku. Thank you!


* Update Tahun 2021
Cara ini gak betul-betul aku terapin, jadi sampai sekarang aku belum bisa bahasa inggris.

1 komentar:

  1. Zaman sekolah, bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran favourite, kalau orang² bilang sebagai mata pelajaran munafik tapi bagi ane tidak, malah disitu sisi uniknya. Serasa mentel waktu "pengucapannya" wkwkwkwk.
    Tapi heran juga sesuka-sesukanya sama itu mapel tapi kenapa gak fasih² juga bahkan lidah kaku, mungkin karena IQ jongkok dan mentalnya mental tempe kali ya. Wkwkwk

    Kayaknya sih, memang perlu banyak ngapalin vocab dan lancarin cara pengucapannya, dan tentunya pelajari juga grammar nya karena jangan sampek ngasal nyusun kalimatnya bisa jadi bahan tetawaan orang kitanya.

    Semangat belajar.
    Belajar sampai akhir hayat.

    BalasHapus

Kalo mau kementar, komentar aja gak usah malu. Tapi kalo bisa yang baik dan sopan supaya enak dibacanya. Yaudah komentar gih (-_~)